Veteran 187340Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2015 di Lapangan Tanah Aron Amlapura dengan Inspektur Upacara Penjabat Bupati Karangasem Drs. Ida Bagus Ngurah Arda, M.Si,. Dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem Ir. I Gede Adnya Mulyadi,M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Karangasem, Ketua Pengadilan Negeri Amlapura, Pimpinan SKPD se Kabupaten Karangasem, Ketua Marcab LVRI Karangasem, Para Camat se-Kab. Karangasem, serta para Veteran Pejuang Karangasem. Apel diikuti Hansip, Korpri, pelajar, P2M, Mahasiswa dan Organisasi Pemuda lainnya, Selasa (10/11).
Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa dalam amanat yang dibacakan Penjabat Bupati Karangasem Ngurah Arda mengatakan, perigatan hari pahlawan tahun ini memiliki makna khusus karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 70. "Suatu usia kemerdekaan yang cukup matang untuk ukuran sebagai bangsa yang dewasa dalam bernegara," jelasnya.
Dikatakan, penyelenggaraan peringatan hari pahlawan selalu menjadi penting, karena dapat digunakan sebagai barometer tentang seberapa kuat keyakinan kita terhadap nilai-nilai perjuangan dari suatu kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang untuk mewujudkan kemerdekaan dan menjaga tetap utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Hari Pahlawan tahun 2015 ini mengambil tema "Semangat Kepahlawan Adalah Jiwa Ragaku". Makna tema ini untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk kedalam sanubari san mampu meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani dalam kebenaran serta berpolitik.
Ditambahkan, saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi tantangan persatuan, keutuhan dan produktivitas bangsa. Mulai dari terjadinya konflik intoleransi antar umat beragama, berkembangnya paham radikalisme, tawuran antar desa maupun antar pelajar, maraknya penyalahgunaan narkoba, kekerasan terhadap anak dan perempuan serta sebagainya. "Keadaan ini jauh dari apa yang dicita-citakan dan diperjuangkan oleh para pendiri bangsa yang telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia kepada kita," tegasnya.
Untuk itu, sesuai amanat menteri Sosial RI, Ngurah Arda mengajak seluruh masyarakat sebagai warga bangsa, khususnya di Kabupaten Karangasem, menjadikan momentum ini satu langkah baru mewujudkan landasan revolusi karakter bagi Bangsa Indonesia menjadi Negara yang maju dan bermartabat.
Peringatan hari pahlawan 10 November 2015 diisi penyerahan bingkisan kepada veteran dan diserahkan langsung oleh Penjabat Bupati Karangasem Drs. Ida Bagus Ngurah Arda, M.Si. (Humas Protokol Setda Kab. Karangsem)

Map

Sosial Media

Login