EKBIS MASTER8 300x225Sistem monitoring dan evaluasi perencanaan pembangunan berbasis Teknologi Informasi (IT) E-Monev terus dikembangkan oleh Pemkab Karangasem dalam rangka E-Governance. Untuk memantapkan sistem yang tengah dikembangkan tersebut, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karangasem secara khusus mendatangkan dua orang angota Tim Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas) RI yakni Andi Erwing dan Akhmad Syaifudin sebagai pembimbing penyusunan E-Monev yang melibatkan seluruh perwakilan SKPD di lingkungan Pemkab Karangasem.

Kepala Bappeda Karangasem Ketut Sedana Merta, dalam sosialisasi penyusunan E-Monev di Wantilan Kantor Bupati Karangasem, Senin (30/3) kemarin mengatakan, E-Monev merupakan terobosan baru Pemkab Karangasem dalam memperoleh informasi dan komunikasi tepat guna secara sistematis dan aplikatif. Sistem ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan aparat Pemkab Karangasem dalam pengelolaan dan pengolahan data informasi secara cepat dan akurat yang akuntabel terhadap berbagai produk perencanaan yang terarah, terpadu, sinergis, tepat waktu dan berkelanjutan.

“Pemkab Karangasem membuat sebuah terobosan inovasi dengan mengembangkan suatu sistem aplikasi Informasi, Monitoring dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan yaitu program E-Monev dengan tujuan membantu proses monitoring dan evaluasi Perencanaan Pembangunan yang berbasis teknologi informasi,” ujar Sedana Merta.

Sementara itu, Bupati Karangasem I Wayan Geredeg menyebutkan, untuk menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektifitas, berkeadilan dan berkelanjutan dalam sistem perencanaan pembangunan yang terarah, terpadu, sinergis dan tepat waktu, maka diperlukan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi yang tepat guna. yakni melalui penyusunan program e-monev tahun 2015.

”Ini sudah dibuktikan dengan perencanaan yang baik, adanya target capaian kinerja dan evaluasi, sebagai bentuk permulaan yang baik dengan terlaksananya E-Planning tahun 2014 yang merupakan inovasi perencanaan di Kabupaten Karangasem, mengantarkan kita mendapat penghargaan juara I Pangripta Nusantara tingkat provinsi Bali,” tegas Geredeg.

“Saya akan membantu pelaksanaan program dan kegiatan di masing-masing SKPD, baik yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi atau Kabupaten, agar pelaksanaannya tepat waktu, tepat mutu, efektif dan efisien sehingga dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat Karangasem,” jelasnya lagi. Untuk itu pihaknya berharap agar seluruh peserta bersungguh-sungguh mengikuti acara sosialisasi penyusunan program E-Monev tersebut untuk mempercepat pencapaian target pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.

Map

Sosial Media

Login